Jumat, 07 Februari 2014

Sakit Maag




         Sakit maag ditandai dengan  peradangan yang terjadi  pada organ lambung manusia. Penyakit maag dapat menyerang siapa saja baik itu tua, muda, laki – laki, perempuan bahkan anak – anak.

Apa itu asam lambung
         Pada dinding lambung terdapat kelenjar – kelenjar mukosa yang mengeluarkan cairan enzim dan asam lambung, yang akan menghaluskan makanan pada saat dihancurkan atau dicerna oleh lambung.Sebenarnya tubuh sangat membutuhkan asam lambung dalam rangka penyerapan zat gizi oleh tubuh agar lebih optimal.
         Asam lambung terus diproduksi  baik pada saat makan maupun pada saat istirahat atau tidur,  namun porsi  dari asam lambung lebih sedikit ketika tidak sedang makan.
Yang perlu diketahui, asam lambung itu bersifat korosif, namun dengan adanya lapisan penyangga pada dinding lambung yang secara teratur mengeluarkan ion bikarbonat, maka kondisi keasaman lambung tetap terjaga seimbang.
         Sakit maag dapat terjadi karena adanya kerusakan pada sistem perlindungan dinding lambung sehingga cairan lambung yang sangat asam yang bersifat korosif langsung mengenai dinding lambung sehingga mengakibatkan peradangan ( inflamasi ).
         Berikut ini adalah hal - hal yang dapat memicu peningkatan asam lambung sehingga menimbulkan sakit maag anda :

  1. Terganggunya system syaraf pada lambung, bisa dikarenakan factor psikologis. Misalnya stress, karena sistem syarat otak berhubungan dengan lambung, stress akan mengakibatkan peningkatan asam lambung sehingga akan menimbulkan peradangan pada lambung menjadi sakit maag.
  2. Secara anatomi terdapat luka atau tumor.
  3. Pola makan yang tidak teratur sehingga terjadi peningkatan asam lambung yang tidak seimbang yang pada akhirnya mengiritasi dinding lambung dan menjadi sakit maag.
  4. Konsumsi alkohol  dan kopi yang berlebihan, ini membuat dinding lambung menjadi terlalu sensitive terhadap asam lambung sehingga terjadi peradangan pada dinding lambung.
  5. Merokok. Bagi penderita maag yang perokok akan mengalami komplikasi karena dengan merokok maka akan terjadi penurungan zat kekebalan tubuh ( antibody ) sehingga akan memperburuk kondisi penyakit maag.
  6. Pemakaian obat penghilang rasa nyeri yan berlangsung dalam jangka waktu lama. Obat ini mempunyai efek samping yang merugikan lambung, yaitu akan merusak ketahanan pelindung dinding lambung, sehingga apabila asam lambung langsung mengenai dinding lambung akan mengakibatkan peradangan pada lambung.
Semoga Bermanfaat.
 

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ