Jumat, 28 Februari 2014

Cerita PPAB PMR MADSANPA 2013




Hari minggu tanggal 15 desember 2013, kami mengikuti PPAB PMR Madya Unit MTsN Pagu. Kegiatan ini dilaksanakan 3 hari 2 malam berturut-turut. Kegiatan yang pertama pada hari minggu adalah pendataan peserta dilanjutkan upacara pembukaan yang berlangsung sampai jam 08.00 WIB. Usai Upacara Pembukaan, kegiatan selanjutnya praktek PK (Perawatan Keluarga) yang dilaksanakan mulai  dari menata tempat tidur sampai cuci tangan dan pakai celemek oleh Bu Nanik sampai jam 12.00 WIB. Dilanjutkan sholat Dhuhur berjamaah yang diimami oleh kakak panitia.dan dilanjutkan makan siang bersama.
Setelah makan siang, dilanjutkan dengan kegiatan materi Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh peserta bersama panitia PPAB. Pemateri Kepemimpinan adalah Kakak Helmi Fauziah. Setelah materi Kepemimpinan usai, dilanjutkan materi Siap Siaga Bencana yang disampaikan oleh Kakak Elvin Kholida Novianti. Selesai materi, peserta PPAB ishoma sampai jam 17.00 WIB dan dilanjutkan sholat Maghrib berjamaah.dan makan malam bersama. Lalu dilanjutkan kegiatan materi PP yang disampaikan Pembina PMR, Muh.Irwan Pujianto. Mulai dari penanganan luka, pembidaian, pembalutan, sampai membuat tandu. Setelah materi PP selesai, peserta PPAB sholat isya’dan gosok gigi bersama setelah itu berlabuh dipulau kapuk alias TIDUR.
Semua peserta PPAB dibangunkan pada pukul 04.00 WIB sekaligus sholat Shubuh berjamaah. Setelah itu mengikuti olah raga lari dengan sebagian panitia PPAB dilapangan MTsN Pagu sebanyak tiga putaran dan dilanjutkan bersih diri sampai pukul 06.00 WIB. Setelah semua membersihkan diri, peserta PPAB diberi materi selanjutnya, materi Donor Darah suka rela,  yang disampaikan oleh Kakak Friska Nur Fiayitna. 

Setelah semua materi Donor Darah usai, dilanjutkan tes ke PMR an dengan melakukan jelajah dari pos satu sampai pos empat dengan suasana menegangkan karena takut tidak bisa menjawab pertanyaan dari kakak panitia Selesai itu diadakan games yang diikuti oleh semua peserta. Setelah itu kembali ke bumi penginapan dan dilanjutkan dengan bersih diri dan sholat Dhuhur. Selesai itu makan siang dengan menu mie goreng dan telur goreng. Kemudian diteruskan oleh materi RSPS (Remaja Sehat Peduli Sesama) yang disampaikan oleh Anggota PMI Kab.Kediri,Jupriadi, sampai 17.00 WIB. Setelah itu ishoma sampai sekitar jam 18.30 WIB.
Pada jam 18.30 WIB, persiapan pensi sampai dengan jam 19.30 WIB, setelah itu ada panggilan untuk kumpul di halaman dan masing – masing kelompok membawa tikar. Ada 7 kelompok peserta pensi dan panitia PPAB duduk di sebelah timur. Masing- masing kelompok menampilkan pensi yang terbaik ada dance, menyanyi, puisi, dll. Tapi yang paling banyak adalah puisi. Semua dilakukan dengan riang dan gembira. Semuanya terlihat sangat senang. Dan diakhiri dengan joget bersama untuk menghilangkan kelelahan sampai jam 22.00WIB. Lalu sholat isya’ jama’ah dan gosok gigi bersama setelah itu tidur.
Dibangunkan pukul 04.00 WI. Lalu olahraga bersama dengan lari- lari di lapangan sebanyak 3 kali setelah itu mandi. Kegiatan hari terakhir adalah jelajah Praktek PP dari pos 1 sampai pos 6. Jelajahpun  selesai pukul 14.00 WIB. Lalu mandi, ganti baju,  makan, dan bersih- bersih. Setelah itu upacara penutupan. Upacara ini dilaksanakan secara simbolis dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Kemudian dilanjutkan pemilihan ketua PMR MTsN Pagu.

By: Arek PMR MADSANPA 

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ