Jumat, 07 Februari 2014

Penyakit Jantung Koroner






         Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang terjadi akibat  suplai darah ke jantung yang melalui  arteri koroner terhambat karena arteri koroner tersumbat atau mengalami penyempitan sebagai akibat endapan lemak yang menumpuk di dinding arteri.
         Bagi penderita penyakit jantung koroner, penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri karena penyempitan arteri koroner sehingga  pasokan darah ke jantung berkurang. Kondisi inilah yang disebut serangan jantung.
         Lalu bagaimana semua itu bisa terjadi pada penderita jantung koroner, faktor apasaja yang dapat menyebabkan terjadinya jantung koroner. kayaknya teman - teman perlu tahu deh, siapa tahu anda salah satu orang yang berisiko terhadap penyakit jantung koroner.
Di bawah ini adalah faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner :
  1. Kadar kolesterol tinggi. Penyakit jantung koroner terjadi akibat endapan lemak pada dinding arteri koroner yang terdiri dari kolesterol terlalu tinggi. Menjaga kadar kolesterol dalam darah akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.
  2. Tekanan darah tinggi. Organ jantung yang bekerja terlalu keras akan membuat jantung menjadi keras dan kaku. Tekanan darah tinggi membuat jantung akan bekerja terlalu keras sehingga berisiko terkena jantung koroner.
  3. Trombosis. Merupakan terjadinya penggumpalan darah pada pembuluh arteri koroner. Aktifitas merokok berpotensi terjadinya penggumpalan darah pada pembuluh arteri korener sehingga berisiko terkena penyakit jantung koroner.
  4. Obesitas atau kegemukan, akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes mellitus sehingga akan meningkatkan risiko penyakit lain termasuk jantung koroner.
  5. Diabetes mellitus. Pada penderita diabetes mellitus, kadar gula tidak terkontrol dengan baik sehingga mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh yang lain. Kondisi ini juga memicu timbulnya penyakit jantung koroner.
  6. Keturunan. Jika orang tua adalah penderita penyakit jantung koroner maka keturunannya berisiko terkena penyakit jantung koroner.
  7. Faktor usia tua. Semakin tua, semakin menurun efektivitas organ-organ tubuh, termasuk sistem kardiovaskulernya. Risiko penyakit jantung koroner meningkat seiring meningkatnya usia.
Berikut ini adalah gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita penyakit jantung koroner :
  • Nyeri pada dada kiri dan kesulitan bernafas
  • Sering Sesak napas
  • Irama jantung tak beraturan
  • Keringat dingin
  • Mual dan muntah

         Bagi anda yang merasakan gejala - gejala di atas, mungkin lebih bijak untuk memeriksakan diri ke dokter, karena penyakit yang terdeteksi sejak dini akan lebih mudah ditangani bukan?, Gejala penyakit jantung dapat terjadi pada siapa saja.

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ