Jumat, 07 Februari 2014

Penyakit jantung


         Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain:
  1. Otot jantung yang lemah. Penyakit jantung yang satu ini adalah kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah membuat penderita tak dapat melakukan aktivitas yang berlebihan, karena pemaksaan kinerja jantung yang berlebihan akan menimbulkan rasa sakit di bagian dada, dan kadangkala dapat menyebabkan tubuh menjadi nampak kebiru-biruan. Penderita lemah otot jantung ini mudah pingsan.
  2. Adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, oleh karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur. Gejala penyakit jantung ini juga membuat penderita tidak dapat melakukan aktivitas yang berat, karena aktivitas yang berat hampir dapat dipastikan akan membuat tubuh penderita menjadi biru dan sesak napas, walaupun tidak menyebabkan rasa sakit di dada. Ada pula variasi dari penyakit jantung yang satu ini, yakni penderitanya benar-benar hanya memiliki satu buah serambi.

         Selain kondisi di atas Berikut ini adalah beberapa kelainan jantung yang berpotensi menimbulkan penyakit jantung :
  1. Abnormal Heart Rhythms.  Normalnya jantung berdetak 60 sampai 100 kali tiap menit (atau sekiar 100 ribu kali setiap harinya). Jantung yang bedetak tidak normal biasanya disebut arryhytmia (sering juga disebut dysrhythmia). Jantung yang berdetak terlalu lambat (dibawah 60 kali per menit) disebut bradyarrhythmias. Sedangkan yang berdetak di atas 100 per menit disebut tachyarrhytmias.
  2. Heart Failure.  Atau gagal jantung merupakan penyakit jantung yang paling menakutkan. Bukan berarti jantung tidak dapat bekerja sama sekali, hanya saja jantung tidak berdetak sebagaimana mestinya
  3. Heart Valve Disease.  Penyakit jantung ini ditandai dengan rusaknya katup jantung. Katup jantung terdapat pada setiap bilik jantung (jantung kita memiliki 4 buah bilik) yang berfungsi mengatur aliran darah searah menuju jantung.
  4. Congenitas Heart Disease.  Atau biasa disebut kelainan pada jantung.  Penyakit jantung ini menyerang 8 sampai 10 anak dari tiap 1000 kelahiran. Gejala awal biasanya terldeteksi saat kelahiran atau pada masa kanak-kanak. Di Amerika sekitar 500 ribu orang mengalami kelainan jantung pada masa pertumbuhannya dan bertambah sektar 20 ribu orangtiap tahunnya.
  5. Cardiomyopathies.  Menyerang pada otot jantung itu sendiri. Orang -orang yang terserang penyakit jantung jenis ini biasanya mengalamai pembesaran, pengecilan jantung secara tidak normal dan atau bahkan menjadi kaku. Menyebabkan jantung memompa secara tidak normal (menjadi lebih lemah). Tanpa penanganan yang baik cardiomyopathies akan menyebabakan penyakit jantung yang lebih buruk seperti gagal jantung atau menyebabkan jantung berdetak tidak normal.
  6. Pericarditis .  Adalah penyakit jantung yang ditandai dengan radang yang mengelilingi lapisan jantung. Jarang terjadi, biasanya disebabkan oleh infeksi.

         Ada banyak faktor yang menyebabkan kerentanan terhadap penyakit jantung. Faktor utama adalah masalah gaya hidup yang tidak sehat yang menyebabkan manusia terancam penyakit jantung koroner misalnya. Tapi ada beberapa faktor yang memang tidak dapat diubah, seperti bertambahnya umur atau faktor keturunan.

         Mengingat begitu mengerikannya penyakit jantung, tidak berlebihan bila kita kembali mengingat ungkapan " mencegah lebih baik daripada mengobati "  , artinya pola hidup sehat mungkin jawabannya untuk menghindari penyakit jantung.

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ