Jumat, 28 Februari 2014

Pengertian Vitamin

macam-macam vitamin


         Vitamin merupakan senyawa organik yang sangat penting bagi tubuh. Senyawa organik ini berperan penting terhadap kesehatan tubuh. Jika tubuh kekurangan senyawa ini, maka seseorang bisa menjadi sakit atau bahkan cacat. Vitamin tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga kita memerlukannya dari berbagai makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Vitamin terdiri dari beberapa macam dimana setiap jenis memiliki peranannya masing-masing terhadap kesehatan tubuh kita.

Vitamin A

         Senyawa ini sangat penting untuk tubuh karena berperan untuk menjaga kesehatan maya, mendukung pertumbuhan badan, mencegah infeksi, dan menjaga kesehatan kulit. Jika seseorang kekurangan zat ini, maka ciri-ciri fisik yang terlihat adalah matanya menjadi berwarna kemerahan atau tidak jernih. Jika kekurangannya sudah dalam tahap parah, bukan tidak mungkin seseorang menjadi buta. Makanan yang mengandung banyak senyawa penting ini di antaranya adalah pisang, hati, pepaya, sayuran, minyak goreng, wortel, tomat, dan sayuran atau buah yang berwarna orange.

Vitamin B

         Senyawa ini juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu senyawa ini juga dapat mencegah penyakit gondok. Vitamin B itu sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu B1, B2, B3, B6, dan B12.

         Vitamin B1 atau Thiamin berfungsi untuk membantu proses oksidasi tubuh untuk mendapatkan energi serta mencegah beri-beri. Makanan yang banyak mengandung Thiamin adalah daging, kacang hijau, kulit beras, roti, dan sayuran.

         Vitamin B2 atau Riboflavin berfungsi untuk membantu pernapasan dalam sel atau respirasi selular, mempercepat pemindahan rangsang ke syaraf mata, dan menjaga keutuhan jaringan syaraf. Sumber ribovlavin di antaranya adalah telur, hati, susu, ragi.

         Vitamin B3 atau Asam Pantotenat berfungsi untuk membebaskan energi dari makanan dan asam lemak. Sumber Asam Pantotenat contohnya adalah telur, jamur, kacang tanah, hati.

         Vitamin B6 atau Piridoksin berfungsi untuk membantu respirasi selular dan mencerna protein. Makanan yang banyak mengandung Piridoksin adalah daging, kubis, kentang, telur.

         Vitamin B12 atau Kobalamin berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah, pembelahan sel, dan sintesis asam nukleat. Makanan yang mengandung banyak Kobalamin di antaranya adalah telur, susu, daging, hati, serta makanan hasil fermentasi.


Vitamin C

         Ini merupakan salah satu senyawa organik yang penting bagi tubuh di antara macam-macam vitamin lainnya. Asam askorbat berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap racun dan infeksi, dan membantu menurunkan kolesterol, Asam askorbat dalam dosis tinggi dapat mencegah hipertensi, penyakit jantung, diabetes mellitus, bahkan penyakit kanker. Asam Askorbat banyak terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, pepaya, tomat, dan sayuran hijau. Seseorang yang kekurangan Asam Askorbat akan menderita penyakit scorbut atau pendarahan pada usus, gusi, otot, kulit, sariawan, dan mudah terkena infeksi.

Vitamin D

         Senyawa yang memiliki molekul utama kalsitriol ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu perkembangan otak, dan mencegah penyakit rakitis. Kekurangan senyawa ini bisa menyebabkan tulang menjadi lemas. Seseorang yang kekurangan senyawa kalsitriol biasanya maunya hanya duduk. Untuk menambah asupan kalsitriol bagi tubuh, kita bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi yang dipercaya banyak mengandung banyak kalsitriol. Makanan yang banyak mengandung senyawa organik kalsitriol contohnya adalah kuning telur, ikan, dan susu.

Vitamin E

         Senyawa yang dikenal dengan Tocopherol ini sangat penting untuk sistem reproduksi sehingga dapat mencegah kemandulan. Tocopherol juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, menutup luka, dan mencegah kanker paru-paru. Sumber Tocopherol di antaranya adalah buah-buahan, biji-bijian, hati, kacang-kacangan, mentega, susu, telur, dan sayuran.

Vitamin K

         Jenis yang terakhir dari macam-macam vitamin adalah Vitamin K. Senyawa ini berperan penting untuk pembekuan darah dan membantu mencegah terjadinya keguguran pada wanita hamil. Sumber vitamin K di antaranya adalah tomat, bayam, dan wortel.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ