Jumat, 28 Februari 2014

Gondok


         Gondok merupakan sebuah kelenjar tiroid yang membesar. Gejala ini dapat terjadi ketika tiroid meningkat dalam ukuran dan struktur lainnya di sekitar leher seperti di kerongkongan serta tenggorokan. Menurut para ahli, gejala penyakit pada pasien usia lanjut sangat jarang terjadi pada waktu yang lama. Gejala ini dapat meliputi kesulitan menelan, perubahan suara, obstruksi aliran darah serta batuk.

KESULITAN MENELAN

Ketika seseorang mengalami kesulitan saat menelan sesuatu, gondok mengambil bagian untuk melakukan penekanan pada kerongkongan. Hal ini dapat membuat seseorang sulit untuk menelan pil besar ataupun jenis makanan padat. Pasien biasanya melaporkan permasalahan ketika mereka memiliki benjolan di tenggorokan yang tidak kunjung membaik

KESULITAN BERNAFAS

Ketika gondok telah menekan pada trakea atau bagian tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan penyempitan pada aliran udara. Pasien bisa saja mengalami kesulitan bernapas, terutama pada saat berolahraga atau berbaring.

SUARA SERAK

Pada beberapa pasien, gondok akan menekan saraf yang mengarah ke kotak suara. Hal ini dapat menyebabkan perubahan suara, terutama pada orang yang sering berbicara, seperti guru.

PEMBATASAN ARUS DARAH

Jika gondok sudah mencapai cukup besar, dapat memampatkan pembuluh darah pada bagian leher. Ketika seorang pasien mengangkat lengan, mereka dapat melihat pembuluh darah membesar di leher, berwanra kemerahan di wajah serta kesulitan bernapas. Hal ini dikenal sebagai tanda Pemberton.

NYERI GONDOK

Gondok dapat mengandung kista yang berisi cairan. Perdarahan dapat terjadi di dalam kista yang dapat menyebabkan nyeri pada tiroid, pembesaran gondok secara mendadak atau kesulitan bernapas.
gondok

PENGOBATAN HERBAL

Ketika kelenjar tiroid Anda menjadi membesar, hal ini sering disebut sebagai pembengkakan gondok. Kelenjar tiroid Anda, yang terletak pada leher, menjadi lebih besar ketika terjadi pertumbuhan dalam kelenjar tiroid. Masalah kesehatan ini disebabkan oleh asupan yodium minim serta memerlukan pengobatan. Sebelum memulai pengobatan herbal, konsultasikan dengan dokter Anda.

BAWANG PUTIH

Bawang putih merupakan ramuan yang digunakan untuk meningkatkan rasa dalam makanan. Selain itu, bawang putih juga mengandung efek terapi untuk permasalahan tiroid. Bawang putih seudah lama dikenal untuk mengurangi pembengkakan di leher yang disebabkan oleh tiroid membesar. Makan bawang putih setidaknya tiga kali seminggu dapat membantu tubuh untuk menghentikan perkembangan gondok. Anda juga dapat mengambil bawang putih sebagai obat tambahan.

CAMPURAN HERBAL

Bugleweed, oat-jerami, serta lemon balm, dapat membantu menyeimbangkan hormon yang dikeluarkan dari tiroid Anda. Herbal bisa membantu menenangkan tidak stabilnya hormon yang terjadi karena stres akut dan penyakit lainnya. Anda dapat mengambil ramuan ini dalam bentuk kapsul atau teh. Untuk instruksi dari produk yang terdapat pada label untuk digunakan.

TEH HIJAU

Teh hijau dikenal sebagai stimulan dan pembangkit energi. Selain itu, teh hijau juga bisa membantu untuk meningkatkan kerja tiroid Anda, karena bisa menjadi sumber energi yang membantu menghentikan pembentukan gondok. Jika diperlukan, mengkonsumsi teh hijau setidaknya tiga kali sehari agar dapat memperingan penyakit gondok Anda.

RUMPUT LAUT

Anda bisa mengkonsumsi herbal rumput laut sebagai bagian dari diet Anda untuk meningkatkan asupan yodium pada tubuh. Rumput laut bisa di kombinasikan di dalam sup atau sebagai teh, atau Anda juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul. Rumput laut merupakan salah satu suplemen herbal terbaik dalam membantu meningkatkan aktivitas tiroid, serta mencegah perkembangan gondok tahap lanjut.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ