Jumat, 07 Februari 2014

Mencegah Rambut Rontok


           Rambut rontok merupakan kondisi yang sangat menakutkan, terlebih bagi kaum wanita yang menganggap bahwa rambut adalah mahkota wanita. Seperti hal nya dengan anggota tubuh yang lain, rambut membutuhkan perawaran yang benar. Perawatan rambut dilakukan agar tidak rontok dan keindahannya tetap terjaga.
           Perawatan rambut dilakukan dengan cara perawatan dari luar seperti : pemakaian shampoo yang sesuai, creambath dan sebagainya yang sifatnya diaplikasikan secara langsung pada rambutnya. Di samping perawatan dari luar, kesehatan rambut sangat ditentukan oleh asupan nutrisi dan vitamin dalam konsumsi makanan sehari hari. Rambut rontok merupakan permasalahan yang tidak terlepas dari kurangnya kandungan gizi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut.
           Bagi anda yang peduli dengan kesehatan rambut, kumpulan artikel berikut ini mungkin dapat membantu anda. Beberapa jenis  makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok, yang bisa mewakili ketercukupan kebutuhan vitamin dan mineral bagi rambut, adalah sebagai berikut :
  1. Jeruk, menjadi penyuplai vitamin C yang membantu tubuh dalam proses penyerapan zat besi.
  2. Ikan Salmon, kaya akan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Di samping itu ikan salmon yang kaya protein ini juga mengandung vitamin B-12 dan zat besi. Bagi yang vegetariab dapat menggantinya dengan makan biji rami yang banyak mengandung omega-3.
  3. Sayuran hijau, misalnya bayam brokoli yang banyak mengandung vitamin A dan C. Kedua vitamin ini diperlukan tubuh untuk memproduksi sebum. Substansi berminyak ini dikeluarkan oleh folikel - folikel rambut sebagai kondisioner alami rambut. Selain itu sayuran hijau kaya akan zat besi dan kalsium.
  4. Kacang - kacangan. Kacang Brazil merupakan jenis kacang yang paling kaya selenium, yaitu mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Jenis kacang lain seperti kenari, mengandung alpha-linolenic acid, sejenis asam lemak omega-3 yang membantu kesehatan rambut. Kacang polong atau buncis tidak hanya kaya protein yang penting untuk pertumbuhan rambut, tetapi juga mengandung zat besi, seng, dan biotin. kekurangan biotin bisa mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Kacang - kacangan juga kaya akan vitamin B untuk mencegah rambut rontok.
  5. Daging unggas. Selain kaya protein, unggas juga kaya akan zat besi yang mudah diserap oleh tubuh. Unggas seperti ayam dan kalkun yang kaya protein, bisa membantu menyehatkan rambut untuk menghindari rambut rontok. Kekurangan protein menyebabkan rambut rapuh dan perubahan warna rambut.
  6. Telur, mengandung biotin dan vitamin B-12. Dua nutrisi yang sangat penting untuk rambut. telur juga mengandung nutrisi penting seperti protein, selenium, dan magnesium.
  7. Gandum. Makanan seperti roti gandum atau whole wheat dan sereal whole grain yang telah diperkaya dengan berbagai vitamin seperi seng zat besi dan vitamin B sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.
  8. Wortel. Merupakan makanan yang kaya akan vitamin A. Vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan membantu mempertahankan kesehatan penglihatan.
  9. Tiram atau kerang - kerangan, tidak hanya dikenal sebagai sumber aphrodisiak yang menunjang gairah seksual. Makanan ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut karena mengandung zinc yang berfungsi sebagai antioksidan. Zinc juga berperan dalam memproduksi sel dan mengatur keseimbangan hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut.
  10. Susu. Terutama susu rendah lemak seperti yogurt, bisa menjadi sumber kalsium yang penting bagi rambut. Susu juga mengandung kasein dan whey yang tercatat sebagai salah satu jenis protein yang penting.

           Rambut rontok merupakan kondisi yang harus segera ditemukan, karena apabila berlangsung terus menerus akan mengakibatkan kebotakan. Jika sudah mengalami kebotakan maka akan sulit untuk menumbuhkannya kembali. Maka dari itu mencegah kebotakan adalah hal yang penting, yaitu disamping dengan perawatan rambut dari luar seperti pemakaian shampoo yang tepat atau pun creambath, juga perawatan dari dalam yaitu dengan mengkonsumsi nutrisi dan vitamin yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut.

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ