Sabtu, 05 Desember 2015

Berbagai Macam Manfaat Agar - Agar


       Kali ini kita akan membahas tentang agar - agar, dah taukan apa itu agar - agar ?, pastinya dah tau dong..!, OKE cekidoot...

       Agar-agar merupakan makanan yang berupa jeli dan berasal sari tanaman alga atau biasa disebut rumput laut yang di olah ke dalam bentuk bubuk, yang jika di larutkan dengan air panas akan menjadi padatan yang lunak dan kenyal dan banyak digemari oleh anak-anak. Biasanya agar-agar merupakan makanan yang dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut atau sebagai cemilan yang bisa di sajikan dengan bermacam-macam warna dan berbagai bentuk sehingga tampilan dan rasa agar-agar menjadi lebih menarik. Perlu Anda ketahui, Agar-agar berbeda dengan jelly walaupun secara kasat mata bentuknya hampir sama, jelly berasal daru campuran sari buah dan gula yang diberi aroma perasa sedangkan agar-agar tidak berasal dari campuran sari buah melainkan dari sari tanaman rumput laut.
 
       Sehabis menyantap makanan berat memang paling sedap dan lengkap jika ditutup dengan makanan dessert atau makanan yang berupa jeli, nah, bila Anda menggemari agar-agar sebagai makanan penutup maka kamu sangat beruntung. Karena makanan yang memiliki struktur kenyal satu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya dapat bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan, namun agar-agar juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan dan juga kecantikan.

       Berikut ini beberapa manfaat yang di timbulkan dari menkomsumsi agar-agar sebagai cemilan bagi anak diantaranya adalah:

1. Baik Untuk Kulit

       Agar-agar memiliki kandungan asam amino yang alami, sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Amino acid yang terdapat dalam agar-agar berperan dalam membantu pembentukan sel kulit tubuh atau mengganti sel kulit mati. Selain itu kandungan collagen yang juga terdapat pada agar-agar juga bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan pada kulit, agar-agar juga kaya akan asam aspartat yang bermanfaat dalam membantu proses regenarasi sel kulit. Gemar memakan agar-agar juga membantu mengurangi berbagai masalah kulit salah satunya jerawat.

2. Membantu Mempertahankan Berat Tubuh

    Anda yang takut berat badan bertambah dan sedang melakukan program diet sehingga menghindari untuk konsumsi  makanan dessert? Untuk itu jika Anda tidak memiliki makanan penutup maka makanlah agar-agar sebagai makanan penutup Anda setelah makan makananyang berat. Kalori rendah yang terdapat dalam agar-agar dapat membantu untuk mempertahankan berat badan dan memperlancar pencernaan. Karena agar-agar umumnya terbuat dari rumput laut, asalkan jangan mengkonsumsi agar-agar dengan mencampurnya dengan kandungan gula yang tinggi.

3.Meningkatkan Sistem Imun dan Menurunkan Kolesterol

       Agar-agar merupakan makanan yang berasal dari rumput laut yang dimana ternyata rumput laut kaya akan karbohidrat dan vitamin B. Dimana nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh guna membantu untuk meningkatkan sistem imun (system kekebalan tubuh). Banyak orang lebih suka mengkonsumsi agar-agar setelah selesai berolahraga. Makan agar-agar juga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah resiko terkena serangan jantung.

4. Mencegah Masalah Rambut

       Agar-agar merupakan salah satu makanan yang dapat menjadi sumber asam folat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut. Mengkonsumsi agar-agar secara rutin setiap hari bisa membantu untuk mencegah terjadinya penipisan pada rambut dan rambut rontok.

5. Membantu Mengatasi Masalah Radang Sendi

       Agar-agar terbuat dari gelatin alami yang berasal dari tanaman rumput laut yang bisa bermanfaat untuk melumaskan persendian pada wanita dan juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit radang sendi atau arthritis.

6. Mengurangi Stress

       Asam amino esensial yang terdapat pada agar-agar memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk mengatasi stress akibat terlalu banyak memikirkan sesuatu. Zat ini mempu mengurangi tingkat stress dan tanda-tanda depresi pada wanita atau pun pria, karena mengkonsumsi agar-agar bisa membuat tubuh lebih relaks dan pikiran menjadi tenang. 

7. Membantu mengurangi resiko penyakit arthritis 

       Agar-agar yang terbuat dari gelatin alami dapat membantu Anda meningkatkan pelumasan sendi dan mencegah kondisi arthritis bagi perempuan. Agar-agar juga dapat mengurangi peradangan nyeri sendi. 

8. Dapat menyehatkan kulit 

       Asam amino yang ada dalam agar-agar baik untuk kulit Anda. Dan juga membantu pembentukan sel-sel baru di dalam tubuh. Kandungan yang ada dalam agar-agar juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dan membantu proses regenerasi sel. Konsumsilah agar-agar setiap hari untuk cemilan anda, karena makanan ini sehat untuk anda. 

9. Untuk memelihara kesehatan rambut 

       Agar-agar banyak mengandung asam folat yang berguna untuk mengatasi rambut rontok dan menipis. 

10. Baik untuk mengontrol berat badan 

        Agar-agar memiliki kandungan gula yang tidak terlalu tinggi berguna untuk menjaga berat badan yang ideal. 

11. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh 

       Kandungan vitamin B dan karbohidrat yang ada dalam agar-agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. 

12. Membantu mengurangi gangguan kulit 

       Seringnya mengkonsumsi agar-agar bermanfaat untuk mencegah gangguan kulit seperti jerawat dan rosacea. 

13. Sebagai Anti Kanker 

       Mengkonsumsi agar-agar dapat dapat mencegah kanker payudara, makanya anda bisa mengkonsumsi agar-agar untuk mencegah terjadinya kanker, karena agar-agar mengandung banyak rumput laut yang baik untuk tubuh. 

14. Mengurangi Kolesterol 

       Kolesterol bisa dialami semua orang, tidak hanya orang tua, anak muda pun juga bisa terserang kolesterol. Penyakit kolesterol ini dapat menyebabkan serangan jantung. Anda bisa menggunakan agar-agar untuk mengurangi kolesterol anda.

15. Sebagai Antioksidan 

       Makanan ini dapat dapat bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh, karena klorofil yang terkandung dalam rumput laut berfungsi sebagai antioksida. Yaitu dapat membantu membersihkan tubuh dari racun yang berbahaya bagi tubuh anda.


Sekian terima kasih, semoga bermanfaat...
Untuk mengetahui berbagai tips kesehatan lainya bisa klik di sini

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ