Sabtu, 22 Agustus 2015

Kader Jumantik MTsN Pagu - Melakukan Pemantauan Jentik di Ds. Semen, Kec.Pagu.



       Kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik - Jentik) kali ini akan observasi ke sebuah desa di Kec. Pagu, desa ini sudah menjadi desa PHBS, kali ini tim Puskesas Pagu akan bekerja sama dengan muspika desa serta di bantu oleh kader Jumantek PMR MTsN Pagu dan Rumah Zakat akan melakukan pemantauan jentik didesa tersebut.

       Kali ini diulai dari pengupulan muspika desa di balai desa Ds. Semen, Kec. Pagu untuk briving tentang cara penaburan bubuk Abate serta pengkajian soal Rumah Bebas Jentik, briving ini di bina oleh Puskesmmas Pagu, setelah itu kami langsung mebagi kelompok untuk pemantauan jentik di sekitar desa, dan di bagi setiap RW, kami langsung berangkat menyusuri rumah - rumah warga, dan kebanyakan dari rumah penduduk itu hapir 90% aman dari jentik sisanya 10% masih terdapat jentik diramahnya.

       Kami menghimbau agar tetap meperhatikan tempat airnya baik yang dirumah maupun diluar rumah, agar rumah terhindar dari bibit penyakit, sekalianpun bila perlu taburi bibit abate rutin agar diperoleh hasil yang maksimal, karena sekarang musim peralihan, antara masim kemarau ke musim hujan, sehingga dapat dipastikan beberapa bulan ini pasti banyak nyamuk yang bertelur di genangan - genangan air.

       Selain itu kami juga melakukan penanaman seribu pohon di balakang balai desa, kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Rumah Zakat, yang menyumbang pohon untuk ditanam di pekarangan desa, tanaman itu bukan cuma pohon, tanaman itu meliputi tanaman pangan dan tanaman herbal, banyak jenisnya, mulai dari sayuran, buah - buahan, hingga tanaman toga. Dan kegiatan itu ditutup dengan ramah tamah oleh badan muspika desa.

Posting Komentar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ